Kegunaan Material Handling Dalam Memudahkan Pekerjaan Kita

Kita semua ingin kegiatan bisnis kita mampu menghasilkan lebih banyak dengan biaya yang semakin sedikit. Di dunia yang sangat kompetitif ini tentu produktivitas merupakan hal yang krusial bagi kita.

Di tempat produksi dan pergudangan, itu berarti kita perlu bekerja lebih banyak, mengatur lebih banyak, dan mengontrol lebih banyak, namun dengan menekan berbagai macam pengeluaran dengan memanfaatkan kegunaan material handling.

Namun biasanya kita akan susah mencapai hal tersebut jika kita masih terus menerus mengandalkan pekerja dalam melakukan kegiatan yang berulang-ulang dalam melakukan proses pemindahan material.

Kegunaan Material Handling

Di berbagai industri baik itu pada bagian produksi ataupun pada bagian gudang, kita perlu untuk bekerja secara efektif dan efisien. Itu berarti kita harus mampu menghasilkan produk dengan kebutuhan seminimal mungkin, termasuk pekerja.

Kita harus mencari cara agar setiap pekerja yang bekerja melakukan pekerjaan yang memang memberikan nilai tambah bagi kita, tanpa perlu menambah jumlah pekerja dalam jumlah yang besar.

Itulah tujuan utama penggunaan alat material handling, yaitu membantu kita agar dapat menghasilkan banyak dengan bekerja seminimal mungkin.

Setiap pekerjaan kita perlu memperhitungkan biaya yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Ketika ada sebuah permintaan untuk melakukan produksi maka setiap pekerja akan melakukan pekerjaannya.

Tujuan utama penggunaan alat material handling adalah untuk membantu kita agar dapat menghasilkan banyak dengan bekerja seminimal mungkin karena setiap pekerjaan akan terdiri dari berbagai macam proses mulai dari mengambil bahan baku, merakit, dan mengirimkan hasil yang sudah dirakit.

Proses produksi dapat dimulai dari mengambil bahan baku, merakit, dan kemudian mengirimkan hasil jadi yang sudah dirakit. Kemudian material tersebut perlu kita cek, bungkus, dan kirim.

Hal ini akan terus kita lakukan setiap kali ada permintaan untuk melakukan produksi. Setiap kali hal tersebut dilakukan maka biaya yang dikeluarkan juga akan semakin besar. Begitu juga dengan kemungkinan akan terjadinya kesalahan dalam melakukan pekerjaan, sehingga akan menimbulkan biaya yang lebih besar lagi.

Kunci utama yang dapat kita lakukan agar kegiatan produksi kita efektif dan efisien adalah dengan menyederhanakan prosesnya, itu berarti mengurangi kegiatan yang tidak perlu, namun dengan hasil yang sama.

Kita perlu memastikan semua kegiatan yang dilakukan pekerja memang memberikan nilai tambah pada proses produksi. Jika bisa kita dapat membuat value mapping sehingga dapat mengetahui proses mana yang memberikan nilai tambah dan tidak.

Setelah itu kita dapat menjaga dan mempertahankan kegiatan yang memang memberikan nilai tambah bagi kegiatan produksi dan menghilangkan atau menekan kegiatan yang tidak memberikan nilai tambah.

Sebagai contoh, kegiatan pemindahan material memang bukan kegiatan yang memberikan nilai tambah, sehingga bisa kita kesampingkan dengan menggunakan sistem conveyor seperti belt conveyor atau roller conveyor pada proses produksi agar pekerja tidak perlu melakukan kegiatan tersebut.

Lain ceritanya dengan kegiatan quality control. Walaupun kegiatan quality control memang terlihat seperti kegiatan yang tidak memberikan nilai tambah, namun jika dihilangkan maka dampak yang diberikan bisa sangat besar jika terjadi kelalaian pada proses produksi dan pada akhirnya dapat menekan keuntungan yang dapat kita peroleh dan kepuasan pelanggan.

Berikut merupakan hal-hal yang dapat kita pertanyakan jika ingin bekerja sedikit namun hasil lebih banyak:

1. Bagaimana cara kita mengurangi resiko kecelakaan kerja?

2. Bagaimana cara kita mengurangi kelelahan pekerja?

3. Bagaimana cara meningkatkan produktivitas pekerja?

4. Upaya apa yang dapat kita lakukan agar peletakan ruang kosong dapat efektif?

5. Cara apa yang dapat kita lakukan untuk mencegah material kita diam di satu tempat?

6. Apakah kita dapat mengotomasi sebagian atau seluruh kegiatan produksi?

7. Apakah kita dapat menjamin bahwa kegiatan produksi yang lebih besar pada masa depan masih dapat dilakukan dengan jumlah pekerja saat ini?

8. Apakah peningkatan fasilitas yang kita lakukan memberikan nilai return of investment (ROI), jika kita implementasikan saat ini, dengan jumlah pekerja yang efektif sehingga nanti dapat tertutupi dengan permintaan yang semakin besar kedepannya?

9. Apakah kita dapat melakukannya dengan tenaga yang lebih sedikit, daya listrik lebih rendah, dengan material dan sumber daya yang lebih sedikit?

Kita semua tentu ingin agar bisnis yang kita miliki dapat terus berkembang secara terus menerus kedepannya namun tanpa perlu menambah jumlah pekerja dalam jumlah yang sangat banyak.

Jika kita dapat memperkirakan nilai pertumbuhan bisnis kita kedepannya, maka pastikan bahwa pertumbuhan tersebut tidak serupa dengan biaya yang kita perlukan. Kita semua perlu memikirkan bagaimana cara untuk memastikan bisnis kita dapat bertumbuh tanpa kenaikan biaya yang signifikan.

Kita harus memastikan apa yang kita lakukan memang memberikan nilai tambah pada kegiatan produksi. Dengan begitu jika terjadi sebuah resesi ekonomi maka posisi kita masih lebih baik karena tingkat produktivitas yang bagus.

Gravity Roll Conveyor Untuk Industri Manufaktur

Gravity Roll Conveyor Untuk Industri Manufaktur

Inovasi merupakan salah satu kunci agar kita dapat melewati berbagai macam kondisi. Sebagai contoh kita dapat menggunakan gravity roll conveyor untuk kita yang bergerak di industri manufaktur dan pendistribusian material maka inovasi yang diperlukan adalah bagaimana cara kita untuk dapat memenuhi permintaan secara efektif dan efisien.

Dengan tingkat efektifitas dan efisiensi yang tinggi maka produktivitas perusahaan dapat terjamin dengan baik. Perusahaan yang bekerja secara produktif tentu akan dapat lebih bertahan dalam kondisi yang buruk dibandingkan mereka yang tidak produktif.

Kesimpulan

Proses pekerjaan yang dilakukan secara efektif dan efisien merupakan salah satu kunci utama agar perusahaan dapat bertahan dalam berbagai kondisi. Kita dapat menggunakan berbagai macam sistem conveyor sesuai dengan kebutuhan kita agar kegiatan produksi dapat berjalan dengan tingkat produktivitas yang baik.

Leave a Comment