Memahami Wire Screen Mesh Ayakan Batu

Kita yang bergerak di industri pertambangan atau industri apapun yang perlu menyaring material-material agar sesuai standar pasti sering menggunakan wire mesh dalam kegiatan produksi setelah material-material tersebut dimuat di atas belt conveyor.

Namun seberapa paham kita tentang wire mesh terutama kita yang bekerja di industri pertambangan yang menggunakannya sebagai screen ayakan batu?

Apa Itu Wire Mesh?

Wire mesh atau yang seringkali disebut sebagai wire cloth atau wire fabric, merupakan sebuah produk yang sangat berguna. Kegunaan dari wire mesh sangatlah beragam karena produk ini dapat digunakan untuk di berbagai industri. Wire mesh ini sering digunakan sebagai ayakan batu split.

Apa Itu Wire Mesh Screen Ayakan Batu

Wire Mesh

Mesin pembuat wire mesh yang membedakan antara satu pabrik dengan pabrik lainnya dalam kemampuan mereka membuat sebuah wire mesh. Mesin wire mesh akan membuat pekerjaan dalam membuat wire mesh menjadi lebih mudah. Suatu pabrik dapat membuat berbagai macam jenis wire mesh jika mesin pembuat wire mesh mereka mampu untuk melakukannya. Berbagai macam jenis kombinasi dalam pembuatan wire mesh. Kombinasi dalam pembuatan wire mesh antara lain seperti jarak kotak antar besi (mesh), diameter dari besi wire mesh, maupun apakah wire mesh tersebut dirangkai atau dilas.

Sejarah Wire Mesh

Wire mesh pertama kali digunakan pada zaman pemerintahan Mesir kuno. Wire mesh dulunya dibuat menggunakan emas dan juga perak sebagai perhiasan. Teknik perancangan tersebut kemudian digunakan untuk membuat berbagai macam hal sehingga wire mesh menjadi populer.

Timeline Sejarah Wire Mesh

Sejarah Wire Mesh

Pada tahun 1600 hingga 1700 wire mesh mulai menggunakan baja dan besi untuk dibentuk menjadi kandang, jendela, dll. Mulai tahun 1700 an wire mesh pertama kalinya digunakan untuk industri. Hal ini dimulai ketika zaman industri mulai berkembang. Beberapa hal yang membuat wire mesh sering digunakan adalah karena meledaknya industri pengolahan kertas dan tekstil.

Hingga sekarang penggunaan wire mesh sangatlah beragam, wire mesh digunakan sebagai sebagai ayakan batu split, ayakan batu koral, bahkan untuk ayakan pakan ternak. 

Pembuatan Wire Mesh

Wire mesh yang dianyam prosesnya sama seperti proses penganyaman baju. Kawat pada awalnya akan diatur sedemikian rupa sesuai dengan panjang yang diinginkan. Kawat yang diatur diposisikan pada sebuah mesin. Mesin dijalankan untuk melakukan proses penganyaman.

Proses Pembuatan Wire Mesh Screen Ayakan Batu

Proses Pembuatan Wire Mesh Screen Ayakan Batu

Wire mesh yang dilas proses pengerjaannya berbeda dengan wire mesh yang dianyam. Kawat pada proses ini akan diposisikan pada sebuah mesin yang secara otomatis akan melakukan proses pengelasan. Pada titik – titik pertemuan antara kawat yang panjang dengan yang pendek mesin akan melakukan proses pengelasan agar kedua kawat dapat tersambung.

Bagaimana Cara Kerja Wire Mesh?

Wire mesh atau yang sering disebut sebagai ayakan batu digunakan untuk memisahkan suatu unit dengan ukuran yang berbeda – beda, dimulai dari unit dengan ukuran yang sangat besar dalam proses pemisahannya. Unit pada awalnya dimasukkan dari ayakan batu awal yang memiliki rongga besar hingga akhirnya menuju ayakan batu dengan rongga kecil. 

Unit harus bergerak secara terus menerus dalam proses ini agar hasilnya akurat. Ayakan batu ini pada umumnya cenderung akan menggerakkan unit secara terus menerus dengan bantuan dari gravitasi dan getaran yang dihasilkan mesin penggetar.

Wire mesh ayakan batu memisahkan unit dengan ukuran yang berbeda-beda. Batu disaring dari mesh ukuran besar hingga mesh ukuran kecil.

Umumnya pengayak batu tidak menggunakan mesin penggetar sehingga hanya mengandalkan gravitasi untuk proses pemisahannya. Sudut dari mesin tanpa mesin diatur sedemikian rupa agar unit dapat bergerak hanya dengan gaya gravitasi. Namun dengan penggunaan mesin penggetar maka mesin ayakan batu ini akan menjadi lebih efektif.

Pengaplikasian Wire Mesh

Wire mesh digunakan untuk berbagai macam kegunaan dan industri. Wire mesh biasanya digunakan untuk melakukan proses pemisahan atau penyaringan untuk memisahkan antara benda yang memiliki ukuran besar dan ukuran kecil. Wire mesh juga digunakan sebagai pelindung dari serangga atau untuk pagar hewan agar tidak lepas. Kegunaan wire mesh lainnya seperti:

  1. Keamanan
  2. Jendela
  3. Pelindung Panel
  4. Pelindung Alat Pemadam
  5. Gorong – Gorong
  6. Hiasan Cafe

Industri yang menggunakan wire mesh bermacam – macam karena kegunaan wire mesh yang sangat beragam. Industri yang menggunakan wire mesh seperti:

  1. Pertambangan / Mining
  2. Pakan Ternak
  3. Konstruksi
  4. Pertanian
  5. Otomotif
  6. Kimia
  7. Batu Bara
  8. Elektrik
  9. Makanan dan Minuman
  10. Tembakau

Perawatan Wire Mesh

Wire mesh memiliki kelebihan berupa tidak perlu perawatan yang terlalu sering, namun untuk menjaga agar usia dari wire mesh dapat memiliki umur yang panjang maka wire mesh sebaiknya sekali – kali untuk dibersihkan. Pemilihan wire mesh yang tepat sesuai dengan penggunaannya dan pembersihan secara berkala dapat menjamin keandalan dari wire mesh dan dapat bertahan lama.

Kapasitas Wire Mesh

Penentuan kapasitas penggunaan ayakan batu wire mesh sangatlah kompleks. Penentuan kapasitas memiliki faktor yang beraneka ragam. Pengecekan kapasitas wire mesh secara langsung setelah pemasangan masih diperlukan agar dapat mengetahui kapasitas ayakan batu wire mesh secara langsung. Namun faktor – faktor yang perlu diperhatikan adalah seperti:

  1. Lama perpindahan atau kecepatan sebuah material untuk berada di atas posisi ayakan batu wire mesh
  2. Tipe getaran yang digunakan dalam ayakan batu wire mesh, seperti amplitudo, arah gerakan, tipe getaran, dan kecepatan frekuensi dari ayakan batu wire mesh
  3. Permukaan dari ayakan batu wire mesh

Getaran yang ada pada ayakan screen dihasilkan dari mesin penggetar yang berada pada mesin. Getaran tersebut akan mengangkat material, sehingga material akan turun ke bawah melalui lubang – lubang yang ada pada ayakan batu wire mesh. Proses penyortiran pada ayakan batu wire mesh dilakukan ketika proses penurunan material dari posisi atas ke posisi bawah.

Pemilihan Ukuran Wire Screen Mesh Ayakan Batu

Dalam memaksimalkan penggunaan wire screen mesh ayakan batu, maka pemilihan ukuran wire mesh yang tepat merupakan hal yang sangat penting. Wire mesh untuk ayakan batu sebaiknya dipilih berdasarkan kriteria – kriteria berikut:

  1. Kapasitas ayakan batu wire mesh untuk melakukan proses penyortiran dalam rentang waktu tertentu
  2. Ukuran dari material yang akan disortir dengan bantuan wire mesh
  3. Tipe atau jenis dari material yang akan disortir
  4. Proses pengelompokan ukuran material setelah disortir dengan bantuan wire mesh
  5. Kadar air pada permukaan material yang akan disortir

Ukuran Wire Mesh Screen Ayakan Batu

Ukuran Wire Mesh Screen Ayakan Batu

Namun yang perlu diperhatikan adalah kemungkinan terjadinya material yang tidak dapat turun dari urutan wire mesh yang paling atas. Material tersebut akan berada pada ukuran ayakan batu wire mesh yang paling besar, namun tidak dapat tersortir. Material akan berada pada posisi tersebut hingga nantinya dapat tersortir melalui ayakan batu wire mesh yang ada.

Prinsip Kerja Wire Mesh

Wire mesh melakukan tugasnya dengan cara melakukan proses penyortiran material. Material yang berukuran besar akan disortir terlebih dahulu. Pengelompokan hasil sortiran ditentukan berdasarkan keinginan perusahaan.

Prinsip Kerja Wire Mesh Screen Ayakan Batu

Prinsip Kerja Wire Mesh Screen Ayakan Batu

Ketika perusahaan ingin melakukan proses penyortiran dengan menggunakan ayakan batu wire mesh sebanyak 3 jenis hasil sortiran, maka perusahaan akan membutuhkan 3 jenis ayakan batu wire mesh yang berbeda – beda ukurannya.

Jenis Wire Mesh

Berdasarkan penggunaan wire mesh, maka wire mesh dibedakan berdasarkan jenis material yang akan disortir:

  1. Ayakan Wire Mesh Kering (Dry Screen)

Ayakan wire mesh kering dalam proses penyortirannya memerlukan agar material atau bahan sudah dalam kondisi yang kering. Jika bahan yang ingin disortir merupakan material yang basah, maka material tersebut perlu untuk dikeringkan terlebih dahulu melalui proses pengeringan (drying treatment) untuk nantinya dapat disortir.

Ayakan Wire Mesh Screen Basah Dry Screen

Ayakan Wire Mesh Screen Basah Dry Screen

Material perlu untuk dikeringkan terlebih dahulu agar dalam proses penyortiran dapat mudah lolos melalui ayakan wire mesh. Jika material dalam kondisi basah ketika ingin disortir, maka nantinya dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan atau sumbatan pada screen wire mesh karena lubang yang kecil.

  1. Ayakan Wire Mesh Basah (Wet Screen)

Ayakan wire mesh basah dalam proses penyortirannya memerlukan agar material atau bahan berada dalam kondisi yang basah. Bahan yang akan disortir perlu untuk dibasahkan terlebih dahulu jika material tersebut merupakan material yang kering.

Ayakan Wire Mesh Screen Basah Wet Screen

Ayakan Wire Mesh Screen Basah Wet Screen

Material akan dibasahi terlebih dahulu melalui proses pembasahan (wetting treatment) agar dapat melanjutkan proses penyortiran.

Kesimpulan

Wire mesh dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam hal, tergantung spesifikasi wire mesh yang digunakan. Ketika ingin memesan wire mesh maka harga mesh akan mengikuti sesuai dengan ukuran wire mesh yang diinginkan. Jenis wire mesh yang digunakan berbeda – beda karena setiap jenis wire mesh memiliki keunggulannya sendiri. Penggunaan wire mesh sebaiknya disesuaikan dengan kegiatan yang akan menggunakan wire mesh.

Tertarik untuk mengetahui wire mesh lebih lanjut? Anda dapat menghubungi kita untuk menentukan harga wire mesh dan ukuran wire mesh yang sesuai untuk Anda.

2 thoughts on “Memahami Wire Screen Mesh Ayakan Batu”

Leave a Comment